Mahasiswa S3 Australia melakukan Penelitian Intervensi E-Storybook di SD Muhammadiyah Bogor Playen

 

BOGOR, PLAYEN – Pada kamis, 5 Desember 2024 Dua mahasiswa program doktoral (S3) dari universitas ternama di Australia tengah melakukan penelitian tentang pengaruh intervensi buku cerita elektronik (e-storybook) terhadap kemampuan literasi siswa kelas awal. Penelitian ini berlangsung di SD Muhammadiyah Bogor Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, dengan melibatkan dua kelas, yaitu kelas 1 A, B, C dan D diambil 5 murid perkelas dan jumlah 20 siswa sebagai sampel utama.

BACA JUGA : Ribuan Guru Meriahkan Senam & Jalan Sehat di Gunungkidul dalam Rangka HUT PGRI ke-79 dan Hari Guru Nasional 2024

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana penggunaan e-storybook, yang dirancang dengan elemen visual dan interaktif, dapat meningkatkan minat baca, pemahaman teks, dan kemampuan literasi dasar pada anak-anak sekolah dasar.


Para peneliti mengintegrasikan e-storybook sebagai alat bantu pembelajaran. Cerita elektronik yang digunakan memadukan narasi interaktif, ilustrasi berwarna, dan suara pendukung yang menarik perhatian anak-anak. Sesi pembelajaran dilakukan secara bertahap, mulai dari pembacaan bersama hingga diskusi interaktif di kelas.

0 Komentar