BOGOR, PLAYEN – Pada kamis, 5 Desember 2024 Dua mahasiswa program doktoral (S3) dari universitas ternama di Australia tengah melakukan penelitian tentang pengaruh intervensi buku cerita elektronik (e-storybook) terhadap kemampuan literasi siswa kelas awal. Penelitian ini berlangsung di SD Muhammadiyah Bogor Playen, Gunungkidul, Yogyakarta, dengan melibatkan dua kelas, yaitu kelas 1 A, B, C dan D diambil 5 murid perkelas dan jumlah 20 siswa sebagai sampel utama.
Penelitian ini bertujuan untuk
mengevaluasi bagaimana penggunaan e-storybook, yang dirancang dengan elemen
visual dan interaktif, dapat meningkatkan minat baca, pemahaman teks, dan
kemampuan literasi dasar pada anak-anak sekolah dasar.
Para peneliti mengintegrasikan
e-storybook sebagai alat bantu pembelajaran. Cerita elektronik yang digunakan
memadukan narasi interaktif, ilustrasi berwarna, dan suara pendukung yang
menarik perhatian anak-anak. Sesi pembelajaran dilakukan secara bertahap, mulai
dari pembacaan bersama hingga diskusi interaktif di kelas.
0 Komentar